Perhatikan 5 Tips Ini Sebelum Membeli Car Seat Khusus Bayi

Image result for Membeli Car Seat Khusus Bayi

Banyak yang masih memperdebatkan perlu tidaknya penggunaan tempat duduk khusus bayi ini di mobil. Faktanya, sekadar memangku dan menggendong anak saat bepergian dengan mobil lebih berisiko. Si kecil bisa saja terjepit atau terlempar ke depan saat terjadi kecelakaan. Berikut ini beberapa tips memilih car seat yang tepat.

  1. Sesuaikan dengan Berat Badan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat memilih car seat adalah berat badan anak. Menyesuaikan car seat dengan tubuh anak bertujuan membuat si kecil nyaman saat berada di tempat duduknya. Selain itu, mengetahui berat badan anak akan membantu Anda memilih jenis dan model car seat.

Ada sekitar tiga jenis car seat yang saat ini ada di pasaran. Infant car seat untuk bayi usia 0-1 dengan berat badan maksimal 10 kilogram, toddler car seat untuk balita usia 1-4 tahun dengan berat badan 10-20 kilogram dan young children car seat untuk anak usia 4-8 tahun dengan berat lebih dari 20 kilogram.

  1. Pilih Car Seat Sesuai dengan Jenis Mobil

Hal lain yang harus Anda perhatikan sebelum membeli car seat adalah menyesuaikannya dengan jenis mobil yang Anda pakai. Anda bisa berkonsultasi pada staf toko untuk memilih jenis car seat yang sesuai dengan jok mobil Anda.

Memilih car seat yang sesuai dengan jenis mobil sangatlah penting karena tiap jenis mobil memiliki desain jok yang berbeda. Jangan ragu juga meminta staf toko untuk memeragakan cara penempatan car seat pada jok mobil Anda.

  1. Perhatikan Tahun Produksi

Detail kecil lainnya yang harus Anda perhatikan adalah melihat tahun produksi car seat tersebut. Tahun produksi ini bisa Anda cek di kardus atau label yang terdapat di car seat itu sendiri. Pilihlah car seat dengan tahun produksi terbaru apalagi jika Anda memilih jenis convertible seat dan berencana memakainya dalam jangka waktu lama.

Hal ini dikarenakan car seat memiliki masa kedaluwarsa sekitar 5-10 tahun setelah masa produksi. Alasan yang menyebabkan car seat kedaluwarsa adalah berubahnya standar keamanan dari waktu ke waktu. Selain itu, material car seat seperti plastik, mur, baut dan rangka bisa saja mulai rapuh dan tidak lagi kuat jika dipakai dalam waktu lama.

  1. Pastikan Fitur Car Seat Berfungsi dengan Baik

Detail selanjutnya yang perlu Anda cek sebelum membeli car seat adalah memastikan fitur car seat yang Anda pilih berfungsi dengan baik. Pastikan sabuk pengaman terpasang dengan pas dan tidak longgar untuk bayi Anda.

Fitur lainnya yang perlu Anda perhatikan seperti side impact protector yang akan berfungsi menghindari bahaya hantaman keras dari sisi samping. Pastikan juga fitur reclaining seat untuk mengatur kemiringan dan posisi kursi juga bekerja dengan baik.

  1. Pasang Car Seat dengan Benar

Setelah memilih car seat, Anda harus memasangnya dengan benar pada jok mobil. Pastikan car seat menempel dengan erat pada jok dan tidak longgar. Gunakan juga fitur ISOFIX pada mobil Anda agar car seat terpasang dengan tepat. Posisikan juga car seat pada jok tengah atau belakang untuk memastikan keamanan bayi Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan saat ingin membeli car seat. Ingin membeli car seat dengan harga miring? Anda bisa mengunjungi orami.co.id. Ada diskon harbolnas yang akan menawarkan diskon hingga 80% untuk beberapa produk tertentu.

Diskon Harbolnas akan berlangsung pada tanggal 12 Desember 2018, nikmati diskon hingga lebih dari 80% untuk produk tertentu dan 10% untuk semua produk dan juga gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia.

Author: eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *