Entropion: Inilah Pengertian, Penyebab, dan Gejalanya!

Apakah Anda pernah mendengar kata entropion? Mungkin banyak dari Anda yang belum familiar dengan nama ini. Pengertian Entropion sendiri merupakan sebuah kondisi dimana kelopak mata Anda akan melipat ke bagian dalam, sehingga bulu mata akan menyentuh permukaan mata. Atau pengertian lainnya adalah dimana bulu mata tumbuh ke arah dalam menuju bola mata akibat dari kelopak mata yang terlipat.

Kondisi entropion ini biasanya terjadi pada kelopak mata bagian bawah, dan tentu saja ini sangat tidak membuat nyaman bahkan bisa menyebabkan iritasi. Kondisi ini lebih sering terjadi pada orang dewasa yang memasuki usia tua. Jika mengalami entropian, biasanya kelopak mata kemungkinan berubah di sepanjang waktu. Baik itu saat Anda mencoba untuk memaksanya berkedip ataupun mengucek dengan kuat kelopak mata yang sedang menutup.

Apa Faktor Penyebab Terjadinya Entropion?

Setelah tahu pengertian entropion itu apa, selanjutnya Anda akan mencari tahu faktor penyebab yang bisa menimbulkan kondisi tersebut. Untuk itu, berikut ini terdapat beberapa faktor yang bisa Anda ketahui:

  • Adanya infeksi pada mata yang mana bisa membuat luka pada bagian dalam kelopak mata, sehingga bisa memicu entropion.
  • Otot di bagian bawah mata mulai melemah akibat faktor usia yang bertambah dan juga adanya penarikan pada tendon.
  • Terjadinya iritasi pada mata akibat dari peradangan atau mata kering akan membuat Anda untuk mencoba mengucek mata. Hal ini ternyata bisa membuat otot kelopak mata menjadi kaku, sehingga akan melipat pinggir kelopak mata tersebut.
  • Adanya riwayat operasi atau luka sebelumnya akan membuat kulit membawa bahan kimia ataupun bekas bedah dan juga cedera, yang mana hal itu bisa mengubah kurvatura normal dari kelopak mata itu sendiri.
  • Adanya kelainan genetik, dimana perkembangan mata tidak normal yang ditunjukkan oleh terdapatnya lipatan tambahan/berlebih pada kelopak mata saat pembentukan janin. Jadi kelopak mata akan terlipat ke bagian dalam. Hal ini bisa terjadi karena entropion sudah pernah di alami sebelumnya saat lahir.

Apa Gejala yang Ditunjukkan Dari Entropion?

Anda mungkin tidak akan merasa adanya gejala-gejala yang muncul saat entropion masih memasuki tahap awal. Jika pun ada, kemungkinan gejala tersebut akan muncul hanya pada saat waktu tertentu saja. Namun berbeda cerita ketika kelopak mata sudah berubah melipat ke bagian dalam secara permanen (seperti yang sudah dijelaskan pada pengertian entropion), Anda akan merasakan gejalanya secara terus-menerus.

Hal itu bisa terjadi karena bulu kelopak mata bagian luar dan juga bulu mata bersentuhan atau bergesekan dengan lapisan mata (bola mata). Nah, biasanya gejala yang ditunjukkan oleh entropion seperti berikut ini:

  • Mata akan memerah, berair, dan juga terdapat kotoran mata (belek)
  • Mata juga akan sering merasa gatal
  • Merasa ada sesuatu yang mengganjal di bagian mata
  • Sensitivitas mata terhadap cahaya akan meningkat
  • Kualitas penglihatan juga akan mengalami penurunan
  • Kulit pada kelopak mata akan mengeras atau kaku
  • Mata juga terasa nyeri atau juga iritasi
  • Serta terdapatnya cairan yang keluar dari mata dan adanya pembentukan krusta

Jadi itulah beberapa gejala yang biasanya ditunjukkan jika mengalami entropion. Untuk membantu Anda dalam mengurangi rasa gejala tersebut, Anda bisa menggunakan salep pelumas dan juga air mata buatan. Tetapi tidak jarang juga yang mengharuskan melakukan prosedur operasi.

Dengan mengetahui pengertian entropion akan menyadarkan Anda bahwa kondisi tersebut tidak bisa didiamkan saja. Sebab jika tidak segera ditangani bisa merusak kornea, menusuk bola mata, terjadinya infeksi mata, bahkan bisa menyebabkan kebutaan. Jadi jangan menganggap remeh kondisi tersebut.

Author: eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *