Benarkah Nasi Penyebab Tingginya Kasus Diabetes di Indonesia?

Nasi putih adalah makanan pokok bagi kebanyakan orang Indonesia. Makanan ini bisa memberikan energi dan kepenuhan. Namun, ada yang mengatakan bahwa beras adalah penyebab tingginya insiden diabetes di Indonesia. Apakah asumsi ini benar? Ada beberapa penelitian dan jurnal ilmiah yang menyebutkan beras putih memiliki hubungan dekat dengan diabetes tipe 2. Ini rupanya karena indeks glikemik yang sering tinggi. Sekitar satu jam setelah asupan, kadar gula darah akan meningkat secara dramatis. Beberapa hal terjadi ketika kita makan makanan kaya karbohidrat lainnya, seperti beras merah atau gandum, yang tidak meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Sebagai informasi: indeks glikemik beras putih adalah 70. Jumlah ini tergolong sangat tinggi. Orang Indonesia juga makan nasi tiga kali sehari, sehingga mereka dapat mengalami peningkatan kadar gula darah sehari setelah makan. Selain itu, lauk pauk yang dipilih masyarakat sering memiliki banyak kalori, seperti makanan yang digoreng. Meskipun memiliki rasa yang lezat, sebenarnya dapat menawarkan asupan kalori yang berlebihan dan kadar gula darah akan naik dengan cepat.

Orang Indonesia juga dikenal kurang mobile. Beberapa waktu lalu, misalnya, ada penelitian yang menunjukkan bahwa orang Indonesia cenderung malas karena mereka lebih suka menggunakan sepeda motor untuk pergi ke tempat-tempat yang sebenarnya tidak terlalu jauh. Ini dapat menyebabkan penambahan berat badan, faktor lain yang menyebabkan diabetes. Ketika kita melihat ini, kita masih bisa makan nasi putih secara rutin tiga kali sehari, sambil tetap mencegah diabetes. Caranya adalah menjaga bagian yang tidak terlalu tinggi, memilih lauk yang tepat, tidak memilih camilan atau minuman yang ceroboh dan bergerak lebih aktif.

Kita tentu pernah mendengar bahwa nasi dingin tidak menyebabkan gula darah naik secepat nasi panas setelah dimasak atau masih dipanaskan di penanak nasi. Apakah asumsi ini benar? Para ahli kesehatan mengatakan sejauh ini belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan bahwa nasi putih dingin lebih aman bagi penderita diabetes. Ini berarti penderita diabetes benar-benar perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika mereka ingin makan nasi, termasuk nasi dingin untuk mencegah kenaikan kadar gula darah yang dapat membahayakan kondisinya.

Author: eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *